Mataram, FHISIP Unram – Bertempat di Lantai 3 Gedung A Fakultas Hukum, Ilmu Sosial, dan Ilmu Politik Universitas Mataram (FHISIP Unram), yudisium bagi lulusan program studi S1 Ilmu Hukum periode kedua dan ketiga sukses dilaksanakan. Prosesi ini dihadiri oleh sejumlah pejabat di lingkungan FHISIP Unram, diantaranya Dr. Lalu Wira Pria Suhartana, S.H.,M.H selaku Dekan FHISIP Unram, Dr. Kaharudin, S.H.,M.H selaku Wakil Dekan I, Ari Rahmad Hakim B.F.,S.H.,M.Hum selaku Wakil Dekan II, Sahruddin, S.H.,M.Hum selaku Wakil Dekan III, serta sejumlah pejabat struktural lainnya.

Yudisium dibuka secara langsung oleh Dekan FHISIP Unram. Dalam sambutannya, Dekan FHISIP Unram mengucapkan selamat bagi seluruh sarjana hukum yang baru dilantik.

‘’Saya berharap seluruh peserta yudisium dapat menjaga nama almamater serta meningkatkan kualifikasi agar dapat menjadi sosok panutan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.’’ Ujar Wira.

Yudisium yang dilaksanakan pada hari Kamis (4/4/24) merupakan prosesi gabungan bagi peserta yudisium bulan Februari dengan peserta yudisium bulan April. Adapun total peserta yudisium Februari berjumlah 16 orang, sedangkan peserta yudisum April berjumlah 135 orang, sehingga total peserta yudisium adalah 151 orang. Dari keseluruhan jumlah peserta tersebut, 52 orang diantaranya berhasil meraih gelar cum laude, sedangkan 99 orang lainnya meraih gelar sangat memuaskan. Peserta yudisium berasal dari berbagai konsentrasi, yaitu konsentrasi hukum internasional, konsentrasi hukum perdata, konsentrasi hukum acara, konsentrasi hukum tata negara, konsentrasi hukum pidana, serta konsentrasi hukum bisnis.

Rikiandi Sopian Maulana, salah satu peserta yudisum yang juga ketua Badan Eksekutif Mahasiswa FHISIP Unram Tahun 2023 mengatakan bahwa proses menjadi sarjana tidaklah mudah.

‘’Rasanya tidak lengkap jika proses perkuliahan tidak dibarengi dengan ikut organisasi kampus, terkadang ilmu yang di dapatkan di luar kelas (organisasi) tidak didapatkan di dalam kelas. Banyak sekali pembelajaran yang bisa dipetik dalam proses perkuliahan. Mulai dari tugas kuliah hingga mengurus organisasi. Harapannya, kami semua dapat mengaplikasikan ilmu yang telah kami dapatkan di dunia kerja nantinya.’’ Ungkap Rikiandi.