Mataram, Program Studi Doktor Ilmu Hukum Fakultas Hukum Ilmu Sosial, dan Ilmu Politik Unram kembali gelar sidang terbuka pada hari Kamis, 7 Maret 2024. Sidang terbuka kali ini meluluskan Promovendus atas nama Habibul Umam Taqiuddin, berhasil menyandang gelar Doktor setelah mampu mempertanggung jawabkan disertasinya di hadapan majelis penguji, dengan tema Penyederhanaan Partai Politik dalam Rangka Memperkuat Sistem Pemerintahan Presidensial di Indonesia.

Habib menjadi Doktor ke-50 pada Program Studi Doktor Ilmu Hukum, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Pada sidang terbuka ini dihadiri oleh majelis yang dipimpin langsung oleh Dekan FH ISIP Unram Dr. Lalu Wira Pria Suhartana, S.H., M.H., sebagai Promotor Prof. Dr. H. Galang Asmara, S.H., M.Hum., masing-masing sebagai ko-promotor, Prof. Dr. H. Sudiarto, S.H., M.Hum., Dr. H. Kaharuddin, S.H., M.H., sebagai penguji, Prof. Dr. H. Gatot Dwi Hendro Wibowo, S.H., M.Hum., Dr. Muhaimin, S.H., M.H., Dr. Chrisdianto Eko Purnomo, S.H., M.H., Dr. H. Muhaimin, S.H., M.Hum., dan Prof. Dr. Suprapto, M.Ag., selaku penguji tamu.

Habib dalam disertasinya menyimpulkan bahwa hakikat pembentukan partai politik merupakan perwujudan hak atas kebebasan berserikat, berkumpul dan mengeluarkan pendapat yang merupakan hak asasi manusia yang diakui dan dijamin oleh pasal 28 undang-undang dasar Negara Republik Indonesia 1945. Penyederhanaan partai politik dapat memperkuat sistem pemerintahan presidensil yang dikonsep dalam penyederhanaan menjadi 5 golongan partai yaitu, partai berhaluan Islam, nasionalis, nasionalis-relijius, sosialis demokrat dan kekaryaan sebagai platform penyederhanaan partai politik di Indonesia ke depan.