Mataram, FHISIP Unram  – FHISIP Unram Kembali menambah lulusan program Doktor Ilmu Hukum melalui ujian terbuka yang digelar pada hari Rabu, 21 Februari 2024 di Lantai 3 Ruang Sidang Utama, FHISIP Unram. Promovendus atas nama Nurudin berhasil menyandang gelar Doktor usai mempertahankan disertasinya yang berjudul Politik Hukum Pembatasan Usia Perkawinan Di Indonesia.

Nurudin menjadi Doktor ke-49 FHISIP Unram dan lulus dengan predikat Cum Laude. Ujian terbuka ini dihadiri oleh Dr. Lalu Pria Suhartana, Ketua Penguji sekaligus Dekan FHISIP Unram, Dewan Penguji Internal yang terdiri dari Prof. Dr. H. Gatot Dwi Hendro Wibowo, SH.,M.Hum, Prof. Dr. H. Djumardin, SH.,M.Hum, Prof. Dr. H. Salim, HS., MS, Dr. H. Muhaimin.,SH.,MH, dan Prof. Dr. H. Masnun Tahrir, M.Ag selaku Penguji Eksternal. Turut hadir pula Prof. Dr. H. Lalu Husni, SH.,M.Hum, Dr. RR. Cahyowati, SH.,MH, serta Dr. H. Aris Munandar, SH.,MH selaku Promotor dan Ko-Promotor Promovendus.

Nurudin berpandangan bahwa kedewasaan suami istri yakni menunjukkan kesanggupan untuk melakukan tugas dan tanggung jawab dalam rumah tangga, oleh karena itu penting untuk mengatur batasan usia perkawinan dalam hukum positif untuk meminimalisir permasalahan yang terjadi saat membangun rumah tangga.

‘’Batasan usia perkawinan ini penting untuk diatur jika dikaitkan dengan tujuan Indonesia sejahtera, sebab dewasa secara biologis, psikologis, dan sosiologis saat usia menikah akan menekan angka stunting. Saat ini undang-undang yang ada sudah mengatur batas usia perkawinan, namun di sisi lain juga memberikan kelonggaran. Hal ini yang menjadi rancu dalam pembatasan usia perkawinan’’ Ujar dosen Fakultas Syariah UIN Mataram tersebut.

Adapun kesimpulan dari disertasi tersebut yakni bahwa pembatasan usia perkawinan ditingkatkan, yakni minimal 21 tahun sebagai kategori dewasa secara biologis, psikologis, dan sosiologis melalui  pembaruan hukum perkawinan di masa mendatang (ius constituendum), serta adanya sanksi bagi wali, saksi, serta pihak-pihak yang terlibat dalam pernikahan anak dibawah umur.