Fakultas Hukum Universitas Mataram menetapkan beban studi untuk memperoleh gelar Sarjana Hukum  sebanyak minimal 144 SKS serta sebanyak-banyaknya 160 SKS yang dijadwalkan untuk 8 (delapan) semester sampai paling lama 14  (empat  belas)  semester  dan  dapat  ditempuh  dalam  waktu kurang dari  8 (delapan) semester. Beban studi tersebut terdiri dari: Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian 19 SKS, Mata Kuliah Keilmuan   dan   Keterampilan   84   SKS,  Mata   Kuliah  Keahlian Berkarya  16  SKS,  Mata  Kuliah  Perilaku  Berkarya  4  SKS,  Mata Kuliah Berkehidupan Bersama 6 SKS, Mata Kuliah Wajib Konsentrasi 12 SKS dan Mata Kuliah Pilihan Konsentrasi masing- masing 4 – 6 SKS, Mata Kuliah Konsentrasi merupakan mata kuliah yang mencerminkan arah minat khusus bagi mahasiswa tetapi bukan merupakan spesialisasi. setiap mahasiswa dapat memilih/mengambil konsentrasi tertentu sesuai dengan minat dan persyaratan  yang berlaku  dari enam konsentrasi yang dipilih yaitu terdiri dari :

1. Hukum Pidana

Konsentrasi ini mempunyai karakter pengkajian yang berkaitan dengan bidang hukum pidana untuk mendalami asas, teori dan konsep sistem hukum pidana yang diterapkan dalam penegakannya. Matakuliah wajib konsentrasi pada Hukum Pidana yakni:

  1. Perbandingan Hukum Pidana
  2. Viktimologi
  3. Kriminologi
  4. Hukum Pidana Anak
  5. Pembaharuan Hukum Pidana

2. Hukum Tata Negara

Konsentrasi ini membangun kemampuan  pemahaman  mahasiswa untuk mengkaji dan mendalami aspek yuridis dalam penyelenggaraan pemerintahan berdasarkan   konstitusi dan  konsep negara hukum, dengan beban  matakuliah wajib konsentrasi sebagai berikut :

  1. Hukum Tata Ruang dan Perizinan
  2. Perbandingan Hukum Tata Negara
  3. Hukum Kewarganegaraan
  4. Hukum Keuangan Negara
  5. Hukum Kepegawaian
  6. Hukum Perdata

Kosentrasi hukum perdata mempunyai sasaran kajian untuk menelaah,  memahami asas dan teori hukum yang berlaku secara umum berkaitan dengan kepentingan privat atas hak dan kewajiban dari subjek hukum sesuai dengan perkembangan peristiwa keperdataan yang dihadapi. Kosentrasi ini mempunyai matakuliah wajib konsentrasi terdiri dari :

  1. Perbandingan Hukum Perdata
  2. Hukum Perjanjian diluar KUH Perdata
  3. Hukum Tata Guna Tanah
  4. Hukum Kesehatan
  5. Hukum Perlindungan Tenaga Kerja/Jamsostek

4. Hukum Bisnis

Konsentrasi Hukum Bisnis sebagai bentuk kekhususan dari hukum perdata dan merupakan pengaruh dari perkembangan model sistem perdagangan sehingga cenderung untuk menyesuaikan diri dengan dunia teknologi industri. Adapun matakuliah wajib konsentrasi pada Hukum Bisnis yakni:

  1. Hukum Lembaga Pembiayaan Non Bank
  2. Hukum Perdagangan Internasional
  3. Hukum Persaingan Usaha & Perlindungan Konsumen
  4. Hukum Asuransi
  5. Hukum Pengangkutan

5. Hukum Acara

Konsentrasi ini dirancang untuk membangun kemampuan dan keterampilan mahasiswa yang memiliki wawasan serta pemahaman dalam menyelesaikan sengketa melalui proses penegakan hukum dengan matakuliah wajib konsentrasi meliputi :

  1. Mahkamah Internasional
  2. Peradilan Anak
  3. Eksaminasi dan Legal Opinion
  4. Peradilan Hubungan Industrial
  5. Peradilan HAM

6. Hukum Masyarakat

Konsentrasi hukum masyarakat dirancang untuk mahasiswa yang berminat  memahami serta mendalami ilmu hukum dari aspek nilai dan tatanan yang  hidup serta belaku dalam masyarakat sebagai suatu system  dengan matakuliah wajib konsentrasi  yaitu:

  1. Hukum Lembaga Pembiayaan Syariah
  2. Hukum Keluarga Islam
  3. Penyelesaian Sengketa Adat dan ADR
  4. Hukum Zakat
  5. Hukum Perbankan Syariah

Saat ini juga Fakultas Hukum Universitas Mataram menjadi salah satu fakultas yang diminati oleh masyakat sebagai tempat menimba ilmu untuk melanjutkan studi, Mahasiswa Program Studi Ilmu Hukum Fakultas Hukum Universitas Mataram merupakan mahasiswa yang memiliki kemampuan unggul dari Sekolah  Lanjutan Tingkat Atas asalnya. Berdasarkan peringkat pilihan, mahasiswa Program Studi Ilmu hukum Fakultas Hukum Universitas Mataram dari jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi(SNMPTN)sebesar 76.5% merupakan pilihan I, dan 23.5% merupakan pilihan II, sedangkan mahasiswa dari jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi(SBMPTN) sebanyak 52,11% merupakan pilihan I, 31,47% merupakan pilihan II dan 15,11% pilihan III. Rata-rata NEM/NUN/NUAN mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Mataram yang masuk melalui jalur SBMPTN lebih tinggi apabila dibandingkan dengan jalur undangan. Dengan demikian pada tahun ajaran 2016/2017 merencanakan menerima Mahasiswa Baru sejumlah 600 Orang dengan rincian 300 orang untuk Reguler Pagi melalui jalur SNMPTN, SBMPTN dan Tes Mandiri; serta 300 untuk Non Reguler melalui jalur Tes Mandiri.

Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Mataram sebagian besarnya berasal dari NTB dari berbagai suku dan budaya yang ada dengan tingkat perekonomian yang beragam. Suku yang ada di NTB ini secara garis besar terdiri dari Suku Sasak, Suku Samawa dan Suku Mbojo. Jumlah Mahasiswa hingga akhir tahun 2016 saat ini berjumlah 2.829 orang.