Sumber daya manusia yang ada difakultas hukum universitas mataram dibagi menjadi 2 (dua) yaitu Tenaga Pendidik/Dosen dan Tenaga Kependidikan/Administrasi. Tenaga pendidik pada Fakultas Hukum Universitas Mataram hinga akhir tahun 2016 yang PNS sejumlah 101 orang, , 99 (sembilan puluh sembilan) orang atau sebesar 98,2 % mempunyai bidang keahlian sesuai dengan program studi, hanya 2 orang atau sebesar 1,8 % yang bidang keahliannya di luar bidang program studi. dimana jumlah tersebut dapat dijabarkan berdasarkan jabatan fungsional, gelar akademik, golongan ruang dan bagian. Adapun penjabaran dari seluruh dosen yang ada sebagai berikut :

 

Dosen tetap di Lingkungan Fakultas Hukum Universitas Mataram tahun 2016 menurut Jabatan Fungsionalnya antara lain :

JK Guru Besar Lektor Kepala Lektor Asisten Ahli Belum Fungsional
Laki-laki 7 31 26 14 4
Perempuan 1 4 5 8 1
JUMLAH 8 35 31 22 5

 

Sedangkan dosen tetap di Lingkungan Fakultas Hukum Universitas Mataram tahun 2016 menurut Gelar Akademik  yakni menyandang gelar Guru Besar sebanyak 7 (tujuh) Orang yaitu Guru Besar di bidang Hukum Ketenagakerjaan dan Keperdataan, Hukum Pemerintahan, Hukum Peradilan Anak dan Hukum Bisnis. Untuk gelar Doktor sendiri Fakultas telah memiliki 34 (tiga puluh empat) orang Doktor dan sisanya Magister. Adapun Dosen di Fakultas Hukum Universitas Mataram bukan hanya berasal dari Tenaga Pendidik PNS saja akan tetapi juga ada tenaga pendidik non PNS. Tenaga Pendidik/Dosen ini terbagi menjadi beberapa bidang keahlian/jurusan menurut bidang ilmu seperti Hukum Tata Negara yang memiliki Dosen sebanyak 20 (dua puluh) orang , Hukum Acara sebanyak 14 (empat Belas) orang, Hukum Masyarakat juga memiliki Dosen sebanyak 13 (tiga belas) orang, Hukum Bisnis sebanyak 20 (dua puluh) orang dosen, Hukum Pidana sebanyak 12 (dua belas) orang dan pada bagian hukum perdata memiliki dosen sebanyak 22 (dua puluh dua) orang. pada akhir tahun 2016, Tenaga Pendidik/Dosen PNS Fakultas Hukum Universitas Mataram dilihat dari golongannya terdiri dari :

  1. Golongan IV/d Sebanyak 4 Orang
  2. Golongan IV/c Sebanyak 10 Orang
  3. Golongan IV/b Sebanyak 12 Orang
  4. Golongan IV/a Sebanyak 17 Orang
  5. Golongan III/d Sebanyak 8 Orang
  6. Golongan III/c Sebanyak 19 Orang
  7. Golongan III/b Sebanyak 27 Orang
  8. Golongan III/a Sebanyak 4

Sebagai fakultas yang terakreditasi memiliki nilai akademis hingga seringkali diminta tenaga ahli dalam bidang hukum, baik dalam memberikan keterangan di penyidikan sampai dengan persidangan, selain ini juga menjadi tim ahli dalam penyusunan berbagai peraturan baik ditingkat daerah maupun di tingkat nasional.

Sedangkan untuk Tenaga Kependidikan/Administratif pada Fakultas Hukum Universitas Mataram hingga akhir tahun 2016 sejumlah 53 (lima puluh tiga) orang diantaranya 28 (dua puluh delapan) orang Tenaga Kependidikan/Administrasi PNS dan sisanya adalah Tenaga Kependidikan/Administrasi Non PNS yaitu sebanyak 25 (dua puluh lima) orang. Tenaga Kependidikan/Administrasi ini terbagi menjadi beberapa Subbagian diantaranya Kepala Bagian Tata Usaha, Subbag. Akademik, Subbag. Umum dan Sarana Akademik, Subbag. Kemahasiswaan, Subbag. Keuangan dan Kepegawaian dan Ruang Baca 2 Orang. Selain itu juga ada beberapa tenaga Kependidikan Non PNS yang membantu kegiatan pusat kajian, pusat studi, laboratorium dan ruang baca yang dapat dilihat pada tabel berikut :

 

No. Bagian PNS Non-PNS
1 KTU 1 Orang Orang
2 Akademik 10 Orang 4 Orang
3 Umum dan Sarana Akd. 7 Orang 5 Orang
4 Kemahasiswaan 3 Orang 1 Orang
5 Keuangan dan Kepegawaian 5 Orang 2 Orang
6 Ruang Baca 2 Orang 1 Orang
7 Lab. Komputer Orang 1 Orang
8 Lab. Hukum Orang 1 Orang
9 Jurnal Hukum Jatiswara Orang 1 Orang
10 Non Reguler Orang 7 Orang
11 Sopir Orang 2 Orang

 

Sumber daya Tenaga Kependidikan/Administrasi PNS di Lingkungan Fakultas Hukum Universitas Mataram ini kalau dilihat dengan golongan ruang adalah sebagai berikut :

  1. Golongan IV/a Sebanyak 1 Orang
  2. Golongan III/d Sebanyak 2 Orang
  3. Golongan III/c Sebanyak 2 Orang
  4. Golongan III/b Sebanyak 8 Orang
  5. Golongan II/d Sebanyak 3 Orang
  6. Golongan II/c Sebanyak 3 Orang
  7. Golongan II/b Sebanyak 4 Orang
  8. Golongan II/a Sebanyak 1 Orang
  9. Golongan I/d Sebanyak 1 Orang
  10. Golongan I/b Sebanyak 1 Orang