Profil

dscf1009

Profil Fakultas Hukum

Sejarah

Pada tahun 1962 Yayasan Sangkareang mendirikan Sekolah Tinggi Hukum dan Pengetahuan Masyarakat. Sedangkan Universitas Mataram berdiri berdasarkan Surat Keputusan Menteri Perguran Tinggi dan Ilmu Pengetahuan pada tanggal 1 Oktober 1962. Pada tanggal 25 Januari 1967 dengan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No.19 Tahun 1967 berdirilah Fakultas Hukum menjadi bagian dari Universitas Mataram yang sebelumnya bernama Sekolah Tinggi Hukum dan Pengetahuan Masyarakat.

Untuk peningkatan mutu lulusan, semenjak itu pula diadakan hubungan kerja sama antara berbagai Fakultas Hukum Pembina yang ada di Pulau Jawa seperti Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada dan Fakultas Hukum Universitas Airlangga.

Pada tanggal 29 April 1969 diadakan kerja sama dalam bentuk afiliasi anatara Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada dan Fakultas Hukum Universitas Mataram. Para pendiri Fakultas Hukum adalah: (1) Lalu Anggrat, BA; (2) I Gusti Ngurah Bagus, BA; (3) H. A, Malada; (4) Drs. Lalu Srigede; (5) Mr. Lalu Mala Syarifuddin; (6) Lalu Lukman; (7) Lalu Muslihin; (8) Lalu Thsohir Berdasari; (9) Drs. Lalu Syukri; (10) Drs. Lalu Azhar.

Visi dan Misi

Merujuk pada Visi dan Misi Universitas Mataram, Fakultas Hukum Universitas Mataram dibawah kepemimpinan dekan Prof. Dr. H. Lalu Husni, SH., M.Hum yang diangkat dengan Keputusan Rektor Universitas Mataram Nomor : 2831/UN18/KP/2014 tentang Pengangkatan Dekan Fakultas di Lingkungan Universitas Mataram Periode Tahun 2014-2018 dengan di bantu oleh Wakil Dekan yang membidangi tugas dan fungsi masing-masing, telah merevisi Visi dan Misi sebagai berikut :

Visi :

Menjadi lembaga pendidikan tinggi hukum yang ?berbasis riset dan berdaya saing internasional pada tahun 2025.

?Misi :

  1. Menyelenggarakan proses pendidikan yang mampu menghasilkan peserta didik yang berkemampuan akademik dan profesional, jujur, humanis bermartabat serta berkepribadian.
  2. Menyelenggarakan penelitian hukum yang dapat dimanfaatkan untuk pengembangan hukum dan ilmu hukum dan sebagai dasar pertimbangan pembuatan, penerapan atau penegakkan hukum yang religius.
  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat melalui pendayagunaan ilmu hukum dan sumber daya manusia dalam rangka peningkatan kesejahteraan masyarakat serta martabat dan berkepribadian bangsa.
  4. Membangun jaringan kerjasama yang luas dengan berbagai pihak, instansi pemerintah dan swasta, di dalam dan luar negeri, dalam rangka untuk mendukung pelaksanaan tridharma PT yang berstandar mutu nasional dan internasional.
  5. Melaksanakan tata-kelola aset, keuangan dan administrasi yang memenuhi standar tata-kelola yang baik, efisien, efektif, transparan, dan akuntabel (good university governance), dalam rangka untuk mendukung pelaksanaan tridharma PT yang berstandar mutu nasional dan internasional.

Organisasi dan Personal. Fakukltas Hukum memiliki beberapa unit; Senat sebagai badan normatif, unsur kepemimpinan yang terdiri dari Dekan dan Wakil Dekan, Koordinator dan Sekretaris reguler sore. Staf akademik terdiri dari enam subdivisi: Hukum Tata Negara dan Administrasi Negara, ?Hukum Pidana, Hukum Perdata, Hukum Bisnis, Hukum Acara dan Hukum Masyarakat. Setiap subdivisi dipimpin oleh Ketua dan Sekretaris. Subdivisi lain pendukung akademik yang terdiri dari Laboratorium Hukum, Komputer dan Layanan Internet, Perpustakaan, ?Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) dan Unit Kegiatan Mahasiswa Fakultas (UKMF). Pelayanan administrasi dipimpin oleh Kepala Tata Usaha dengan 4 subdivisi yakni pendidikan, kemahasiswaan, keuangan, kepagawaian, umum dan perlengkapan dan setiap Sub-Divisi dipimpin oleh Kepala Seksi.

Program Pengembangan

Fakultas Hukum Universitas Mataram merupakan fakultas dengan akreditasi ‘A’ sejak 2009 sampai dengan sekarang, dan terus mengalami perkembangan baik dalam kuantitas dan kualitas dengan 2 (dua) Program Studi S1 yakni; Reguler dan Non Reguler (Ekstensi). Sejak tahun 2003 telah berdiri program Magister Ilmu Hukum dan Program Notariat dan Doktor pada Tahun 2013.

Kerjasama. Fakultas Hukum Universitas Mataram berkomitmen untuk terus melakukan kerjasama dengan berbagai pihak baik dengan Lembaga Negara seperti, Dewan Perwakilan Daerah (DPD), Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Mahkamah Konstitusi (MK), Mahkamah Agung Republik Indonesia (MA), Komisi Yudisial (KY), Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Komisi Pemilihan Umum (KPU), Ombudsman, Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) maupun dengan beberapa Perguruan Tinggi luar negeri seperti; University Utrecht Belanda, Victoria University Selandia Baru, Faculty of Law Malaya Universitay, Faculty of Law Leiden University, School of Law Deakin University, Faculty of Law International Islamic University, Malaysia. Sedangkan, Perguruan Tinggi dalam negeri yang telah melakukan kerjasama yaitu ; Universitas Brawijaya Malang, Universitas Airlangga Surabaya, Universitas Hasanuddin Ujung Pandang, Universitas Padjajaran ?Bandung, Universitas Indonesia. Selain itu, ada beberapa hubungan kerjasama dengan Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah. Perusahaan swasta, Kementerian/Non Kementerian, Kepolisian, Kejaksaan,dan Lembaga Peradilan dan PT. Newmont Nusa Tenggara, serta bank BUMN / BUMD.

Dosen. Ada 105 orang dosen bertugas di Fakultas Hukum Universitas Mataram. 32 orang sudah bergelar doktor termasuk 7 orang diantaranya ?sudah Profesor. Beberapa dosen yang menyelesaikan Pendidikan Doktor didalam negeri dan luar negeri. Mereka memiliki keahlian dan keterampilan yang dapat diandalkan dalam berbagai bidang ilmu seperti: Hukum Tata Negara & Hukum Administrasi, Hukum Internasional, Hukum Perdata, Hukum Pidana, Hukum Bisnis, Hukum Masyarakat dan Hukum Acara. Beberapa dosen fokus dengan Ilmu Penyelesaian Sengketa di luar Pengadilan seperti melalui arbitrase, mediasi, konsiliasi dan lain-lain.

Penelitian dan Pengabdian Masyarakat. Sebagai implementasi dari Tri Dharma, dosen Fakultas Hukum Universitas Mataram telah melakukan penelitian dalam berbagai bidang yang didanai oleh PNBP Universitas Mataram, dan APBN melalui DIKTI serta berasal dari lembaga donor internasional melalui kerjasama dengan berbagai pihak, pemerintah pusat dan daerah. Untuk mendukung kegiatan penelitian, ada beberapa pusat penelitian dan studi yakni, Pusat Studi Konstitusi (PKK); Pusat Studi Hak Asasi Manusia (PUSHAM); Pusat Studi Hukum dan Pembaruan Agraria (Pushrema); Good Governance dan Manajemen Publik; Pusat Studi Hak Kekayaan Intelektual (HAKI), Pusat Studi Hukum dan Persaingan Usaha (KPPU). Untuk menerbitkan kegiatan penelitian, Fakultas Hukum memiliki Jurnal Hukun Jatiswara dan Jurnal online.

Beberapa penelitian yang sudah, sedang berjalan serta yang akan dikembangkan adalah yang berkaitan dengan Lingkungan Hidup, Korupsi, Pengupahan dan Jaminan Sosial, Wakaf Tanah, Narkoba, Tindak Pidana Pencucian Uang, Penyelesaian Sengketa, Rekonsepsi Kewenangan Legislasi Dewan Perwakilan Daerah, Mahkamah Kehormatan Dewan, Asas Kebebasan Berkontrak, Otoritas Jasa Keuangan, Transaksi Bisnis E-Commerce, Pemberdayaan BUMN/BUMD, Konflik Budaya Dalam Perkawinan, Maladministrasi dalam Pelayanan Kesehatan.

Dalam Layanan Masyarakat, dosen dan mahasiswa memiliki acara rutin untuk mendukung kegiatan Fakultas, seperti Klinik Hukum, Layanan Biro Bantuan Hukum, Bimbingan dan Penyuluhan. Fakultas Hukum juga menyediakan Laboratorium Bahasa Hukum yang melayani terjemahan ke dalam bahasa Inggris dan sebaliknya.

Kemahasiswaan. Dalam meningkatkan kualitas mahasiswa, ada berbagai kegiatan yang dilakukan oleh Fakultas Hukum seperti pengembangan mahasiswa yang dibagi menjadi 2 (dua) kegiatan; pertama dilakukan melalui aktivitas mahasiswa yang tergabung dalam UKF. ?Ada 6 (enam) UKF yakni, Tassamuh, Wapala (Warga Pecinta Alam), Forjust (Kreativitas Ilmiah dan Pemberdayaan Forum Keadilan), WMK (Wahana Minat dan Kegemaran), KPS (Kelompok Pemerhati Sosial), dan JSC (Justice Sport Community), bidang minat penalaran serta kegiatan mahasiswa melalui BEM, DPM, dan UKM seperti Lomba Menulis Ilmiah, Seni, dan lain-lain.

Kedua, pelatihan / kursus untuk mahasiswa, seperti: Menulis Makalah Ilmiah, Metodologi Penelitian, HAKI, Legal Drafting, Legislative Drafting, Kontrak Drafting, Klinik Hukum, dan Moot Court, dan beberapa kegiatan ektrakulikuler seperti: Football, Volley Ball, Basket Ball, Voli Pantai, Tenis Meja, Penulisan Ilmiah, Peradilan Semu, Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ), Seni dan Kompetisi Musik. Mahasiswa sering menjadi juara beberapa perlombaan seperti Porseni Mahasiswa, Debat,Peradilan Semu dan MTQ.

Berkenaan dengan beasiswa, ada beberapa sumber yang tersedia seperti; Beasiswa Bantuan Belajar Mahasiswa (BBM), Peningkatan Prestasi Akademik (PPA), Biaya Penulisan Skripsi, dan lain-lain. Selain itu, ada Student Health Service yang dilakukan terpusat oleh Universitas Mataram, dan sekarang dikelola oleh Fakultas Kedokteran.

Fasilitas. Fakultas Hukum Universitas Mataram memiliki beberapa unit pelayanan, seperti; Laboratorium hukum untuk menganalisis berbagai kasus; peraktek pengadilan digunakan untuk meningkatkan keterampilan hukum seperti Peradilan Semu; Laboratorium komputer, digunakan untuk komputerisasi dan akses internet; Laboratorium Bahasa Hukum, digunakan untuk Menguasai Bahasa Inggris Hukum (ESP); Perpustakaan/ ruang membaca; ruang koleksi, dan musholla. Fasilitas tersebut dilengkapi dengan AC, TV / VCD, Komputer dan internet gratis, dan dilatih oleh dosen dan karyawan yang berkualitas.

Prospek Pekerjaan. Ada beberapa kesempatan kerja yang luas tersedia untuk lulusan Fakultas Hukum karena semua institusi membutuhkan hukum dalam hidupnya seperti Notaris/ PPAT, Konsultan Hukum Perdagangan, Pengacara, Advokat, Perbankan. hakim, jaksa, ?polisi dan lainnya, karena itu setiap alumni Fakultas Hukum harus mampu mengisi berbagai peluang kerja tersebut sesuai dengan bakat dan minatnya.

[:en]

Profil Fakultas Hukum

Sejarah

Pada tahun 1962 Yayasan Sangkareang mendirikan Sekolah Tinggi Hukum dan Pengetahuan Masyarakat. Sedangkan Universitas Mataram berdiri berdasarkan Surat Keputusan Menteri Perguran Tinggi dan Ilmu Pengetahuan pada tanggal 3 Novermber 1962. Pada tanggal 25 Januari 1967? dengan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No.19 Tahun 1967 berdirilah Fakultas Hukum menjadi bagian dari Universitas Mataram yang sebelumnya bernama Sekolah Tinggi Hukum dan Pengetahuan Masyarakat.

Untuk peningkatan mutu lulusan, semenjak itu pula diadakan hubungan kerja sama antara berbagai Fakultas Hukum Pembina yang ada di Pulau Jawa seperti Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada dan Fakultas Hukum Universitas Airlangga.

Pada tanggal 29 April 1969 diadakan kerja sama dalam bentuk afiliasi anatara Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada dan Fakultas Hukum Universitas Mataram. Para pendiri Fakultas Hukum adalah: (1) Lalu Anggrat, BA; (2) I Gusti Ngurah Bagus, BA; (3) H. A, Malada; (4) Drs. Lalu Srigede; (5) Mr. Lalu Mala Syarifuddin; (6) Lalu Lukman; (7) Lalu Muslihin; (8) Lalu Thsohir Berdasari; (9) Drs. Lalu Syukri; (10) Drs. Lalu Azhar.

Visi dan Misi

Merujuk pada Visi dan Misi Universitas Mataram, Fakultas Hukum Universitas Mataram dibawah kepemimpinan dekan Prof. Dr. H. Lalu Husni, SH., M.Hum yang diangkat dengan Keputusan Rektor Universitas Mataram Nomor : 2831/UN18/KP/2014 tentang Pengangkatan Dekan Fakultas di Lingkungan Universitas Mataram Periode Tahun 2014 ? 2018 dengan di bantu oleh Wakil Dekan yang membidangi tugas dan fungsi masing-masing, telah merevisi Visi dan Misi sebagai berikut :

Visi :

Menjadi lembaga pendidikan tinggi hukum yang ?berbasis riset dan berdaya saing internasional pada tahun 2025.

?Misi :

  1. Menyelenggarakan proses pendidikan yang mampu menghasilkan peserta didik yang berkemampuan akademik dan ?profesional, jujur, humanis bermartabat serta berkepribadian.
  2. Menyelenggarakan penelitian hukum yang dapat dimanfaatkan untuk pengembangan hukum dan ilmu hukum dan sebagai dasar pertimbangan pembuatan, penerapan atau penegakkan hukum yang religius.
  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat melalui pendayagunaan ilmu hukum dan sumber daya manusia dalam rangka peningkatan kesejahteraan masyarakat serta martabat dan berkepribadian bangsa.
  4. Membangun jaringan kerjasama yang luas dengan berbagai pihak, instansi pemerintah dan swasta, di dalam dan luar negeri, dalam rangka untuk mendukung pelaksanaan tridharma PT yang berstandar mutu nasional dan internasional.
  5. Melaksanakan tata-kelola aset, keuangan dan administrasi yang memenuhi standar tata-kelola yang baik, efisien, efektif, transparan, dan akuntabel (good university governance), dalam rangka untuk mendukung pelaksanaan tridharma PT yang berstandar mutu nasional dan internasional.

Organisasi dan Personal. Fakukltas Hukum memiliki beberapa unit; Senat sebagai badan normatif, unsur kepemimpinan yang terdiri dari Dekan dan Wakil Dekan, Koordinator dan Sekretaris reguler sore. Staf akademik terdiri dari enam subdivisi: Hukum Tata Negara dan Administrasi Negara, ?Hukum Pidana, Hukum Perdata, ?Hukum Bisnis, Hukum Acara dan Hukum Masyarakat. Setiap subdivisi dipimpin oleh Ketua dan Sekretaris. Subdivisi lain pendukung akademik yang terdiri dari Laboratorium Hukum, Komputer dan Layanan Internet, Perpustakaan, ?Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) dan Unit Kegiatan Mahasiswa Fakultas (UKMF). Pelayanan administrasi dipimpin oleh Kepala Tata Usaha dengan 4 subdivisi yakni ?pendidikan, kemahasiswaan, keuangan, kepagawaian, umum dan perlengkapan dan setiap Sub-Divisi dipimpin oleh Kepala Seksi.

Program Pengembangan

Fakultas Hukum Universitas Mataram merupakan fakultas dengan akreditasi ‘A’ sejak 2009 sampai dengan sekarang, dan terus mengalami perkembangan baik dalam kuantitas dan kualitas dengan 2 (dua) Program Studi S1 yakni; Reguler dan Non Reguler ?(Ekstensi). Sejak tahun 2003 telah berdiri program Magister Ilmu Hukum dan Program Notariat dan Doktor pada Tahun 2013.

Kerjasama. Fakultas Hukum Universitas Mataram berkomitmen untuk terus melakukan kerjasama dengan berbagai pihak baik dengan Lembaga Negara seperti, Dewan Perwakilan Daerah (DPD), Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Mahkamah Konstitusi (MK), Mahkamah Agung Republik Indonesia (MA), Komisi Yudisial (KY), Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Komisi Pemilihan Umum (KPU), Ombudsman, Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) maupun dengan beberapa Perguruan Tinggi luar negeri seperti; University Utrecht Belanda, Victoria University Selandia Baru, Faculty of Law Malaya Universitay, Faculty of Law Leiden University, School of Law Deakin University, Faculty of Law International Islamic University, Malaysia. Sedangkan, Perguruan Tinggi dalam negeri yang telah melakukan kerjasama yaitu ; Universitas Brawijaya Malang, Universitas Airlangga Surabaya, Universitas Hasanuddin Ujung Pandang, Universitas Padjajaran ?Bandung, Universitas Indonesia. Selain itu, ada beberapa hubungan kerjasama dengan Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah. Perusahaan swasta, Kementerian/Non Kementerian, Kepolisian, Kejaksaan,dan Lembaga Peradilan dan PT. Newmont Nusa Tenggara, serta bank BUMN / BUMD.

Dosen. Ada 105 orang ?dosen bertugas di Fakultas Hukum Universitas Mataram. 32 orang sudah bergelar doktor termasuk 7 orang diantaranya ?sudah Profesor. Beberapa dosen yang menyelesaikan Pendidikan Doktor didalam negeri dan luar negeri. Mereka memiliki keahlian dan keterampilan yang dapat diandalkan dalam berbagai bidang ilmu seperti: Hukum Tata Negara & Hukum Administrasi, Hukum Internasional, Hukum Perdata, Hukum Pidana, Hukum Bisnis, Hukum Masyarakat dan Hukum Acara. Beberapa dosen fokus dengan Ilmu Penyelesaian Sengketa di luar Pengadilan seperti melalui arbitrase, mediasi, konsiliasi dan lain-lain.

Penelitian dan Pengabdian Masyarakat. Sebagai implementasi dari Tri Dharma, dosen Fakultas Hukum Universitas Mataram telah melakukan penelitian dalam berbagai bidang yang didanai oleh PNBP Universitas Mataram, dan APBN melalui DIKTI serta berasal dari lembaga donor internasional melalui kerjasama dengan berbagai pihak, pemerintah pusat dan daerah. Untuk mendukung kegiatan penelitian, ada beberapa pusat penelitian dan studi yakni, Pusat Studi Konstitusi (PKK); Pusat Studi Hak Asasi Manusia (PUSHAM); Pusat Studi Hukum dan Pembaruan Agraria (Pushrema); Good Governance dan Manajemen Publik; Pusat Studi Hak Kekayaan Intelektual (HAKI), Pusat Studi Hukum dan Persaingan Usaha (KPPU). Untuk menerbitkan kegiatan penelitian, Fakultas Hukum memiliki Jurnal Hukun Jatiswara dan Jurnal online.

Beberapa penelitian yang sudah, sedang berjalan serta yang akan dikembangkan adalah yang berkaitan dengan Lingkungan Hidup, Korupsi, Pengupahan dan Jaminan Sosial, Wakaf Tanah, Narkoba, Tindak Pidana Pencucian Uang, Penyelesaian Sengketa, Rekonsepsi Kewenangan Legislasi Dewan Perwakilan Daerah, Mahkamah Kehormatan Dewan, Asas Kebebasan Berkontrak, Otoritas Jasa Keuangan, Transaksi Bisnis E-Commerce, Pemberdayaan BUMN/BUMD, Konflik Budaya Dalam Perkawinan, Maladministrasi dalam Pelayanan Kesehatan.

Dalam Layanan Masyarakat, dosen dan mahasiswa memiliki acara rutin untuk mendukung kegiatan Fakultas, seperti Klinik Hukum, Layanan Biro Bantuan Hukum, Bimbingan dan Penyuluhan. Fakultas Hukum juga menyediakan Laboratorium Bahasa Hukum yang melayani terjemahan ke dalam bahasa Inggris dan sebaliknya.

Kemahasiswaan. Dalam meningkatkan kualitas mahasiswa, ada berbagai kegiatan yang dilakukan oleh Fakultas Hukum seperti pengembangan mahasiswa yang dibagi menjadi 2 (dua) kegiatan; pertama dilakukan melalui aktivitas mahasiswa yang tergabung dalam UKF. ?Ada 6 (enam) UKF yakni, Tassamuh, Wapala (Warga Pecinta Alam), Forjust (Kreativitas Ilmiah dan Pemberdayaan Forum Keadilan), WMK (Wahana Minat dan Kegemaran), KPS (Kelompok Pemerhati Sosial), dan JSC (Justice Sport Community), bidang minat penalaran serta kegiatan mahasiswa melalui BEM, DPM, dan UKM seperti Lomba Menulis Ilmiah, Seni, dan lain-lain.

Kedua, pelatihan / kursus untuk mahasiswa, seperti: Menulis Makalah Ilmiah, Metodologi Penelitian, HAKI, Legal Drafting, Legislative Drafting, Kontrak Drafting, Klinik Hukum, dan Moot Court, dan beberapa kegiatan ektrakulikuler seperti: Football, Volley Ball, Basket Ball, Voli Pantai, Tenis Meja, Penulisan Ilmiah, Peradilan Semu, Musabaqah Tilawatil Qura?n (MTQ), Seni dan Kompetisi Musik. Mahasiswa sering menjadi juara beberapa perlombaan seperti Porseni Mahasiswa, Debat,Peradilan Semu dan MTQ.

Berkenaan dengan beasiswa, ada beberapa sumber yang tersedia seperti; Beasiswa Bantuan Belajar Mahasiswa (BBM), Peningkatan Prestasi Akademik (PPA), Biaya Penulisan Skripsi, dan lain-lain. Selain itu, ada Student Health Service yang dilakukan terpusat oleh Universitas Mataram, dan sekarang dikelola oleh Fakultas Kedokteran.

Fasilitas. Fakultas Hukum Universitas Mataram memiliki beberapa unit pelayanan, seperti; Laboratorium hukum untuk menganalisis berbagai kasus; peraktek pengadilan digunakan untuk meningkatkan keterampilan hukum seperti Peradilan Semu; Laboratorium komputer, digunakan untuk komputerisasi dan akses internet; Laboratorium Bahasa Hukum, digunakan untuk Menguasai Bahasa Inggris Hukum (ESP); Perpustakaan/ ruang membaca; ruang koleksi, dan musholla. Fasilitas tersebut dilengkapi dengan AC, TV / VCD, Komputer dan internet gratis, dan dilatih oleh dosen dan karyawan yang berkualitas.

Prospek Pekerjaan. Ada beberapa kesempatan kerja yang luas tersedia untuk lulusan Fakultas Hukum karena semua institusi membutuhkan hukum dalam hidupnya seperti Notaris/ PPAT, Konsultan Hukum Perdagangan, Pengacara, Advokat, Perbankan. hakim, jaksa, ?polisi dan lainnya, karena itu setiap alumni Fakultas Hukum harus mampu mengisi berbagai peluang kerja tersebut sesuai dengan bakat dan minatnya.

[:]