Pusat Studi

[:id]Untuk menunjang pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi, Fakultas Hukum Universitas Mataram memiliki beberapa Pusat Kajian/Penelitian yakni sebagai berikut :

1. Pusat Kajian Konstitusi (PKK);

Pusat Kajian Konstitusi (PKK) keberadaannya terbentuk dari kebijakan Mahkamah Konstitusi RI untuk merealisasikan kerjasama dalam berbagai kegiatan dibidang konstitusi baik dalam bentuk FGD, Sosialisasi, termasuk perlombaan debat mahasiswa. PKK telah menyebar keberbagai Perguruan Tinggi Negeri Se-Indonesia dengan memperoleh fasilitas penunjang dari Mahkamah Konstitusi baik dalam bentuk sarana maupun SDM.

2. Pusat Studi Hak Asasi Manusia (PUSHAM);

Pusat Studi Hak Asasi Manusia (PUSHAM) merupakan salah satu unit kelembagaan yang mempunyai kegiatan secara keilmuan yang mengakomodir penerapan dan pengembangan kemampuan/keahlian para dosen dalam bidang hak asasi manusia baik dalam bentuk penelitian, pengabdian masyarakat serta kerjasama dengan berbagai pihak terkait pemerintah maupun organisasi non pemerintah yang memiliki kepedulian terhadap persoalan hak asasi manusia baik secara subtantif maupun dalam bentuk penyelesaian kasus tertentu.

3. Pusat Studi Hukum dan Pembaruan Agraria (Pushrema);

Pusat Studi ini terbentuk dilatarbelakangi oleh pemikiran para kelompok pengajar Hukum Agraria dan Hukum terkait yang mempunyai kepedulian terhadap fenomena dan problema masalah agraria di Indonesia, yang secara umum berhadapan dengan persoalan dengan kepastian hukum. Dengan melalui forum pusat studi ini dapat melakukan berbagai kegiatan untuk memahami dan menganalisis terhadap masalah-masalah keagrariaan dalam menghasilkan rekomendasi keilmuan sebagai bentuk alternatif penyelesaian yang dilakukan.

4. Good Governance dan Manajemen Publik;

5. Pusat Studi Hak Kekayaan Intelektual (HAKI);

6. Pusat Studi Hukum dan Persaingan Usaha (KPPU).

Sedangkan sebagai sarana media informasi ilmiah Fakultas Hukum Universitas Mataram, memiliki Jurnal Hukun Jatiswara dan Jurnal online.[:]